jasa buat situs web blog murah

Rincian Biaya Modal Perjuangan Ternak Ayam Kampung

Mungkin anda sudah tidak absurd lagi mendengar ayam kampung. Nama sebutan ayam kampung sudah familiar. Dalam bahasa ilmiah disebut Gallus domesticus atau disebut pula ayam bukan ras atau buras. Usaha budidaya ayam kampung sangat simpel dijumpai di pedesaan dengan memakai sistem tradisional. Usaha beternak ayam kampung telah banyak dilakukan semenjak dulu. Namun ketika itu masih terbatas untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Tidak menyerupai ketika ini yang menjadi bisnis berprospek cerah dan menguntungkan.

Peluang Usaha Budidaya Ayam Kampung
Usaha ternak ayam kampung sanggup dijadikan bisnis sampingan, rumahan, skala besar maupun kecil kecilan. Peluang perjuangan ini sanggup dilakukan oleh seorang ibu rumahtangga, mahasiswa, pelajar, karyawan, pengangguran dll. Bisnis budidaya binatang unggas ini termasuk salah satu hewan ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat. Karena jangka waktu panen yang sebentar. Kalau di pedesaan, perjuangan beternak ayam kampung merupakan jenis perjuangan yang banyak dilakukan penduduk desa disamping usaha beternak sapi, kambing, domba dan ayam ras pedaging.

Lalu apa yang sanggup diambil keuntungannya dari sebuah budidaya ayam kampung? Ayam kampung diternakkan untuk diambil telur dan dagingnya untuk dimakan. Kandungan vitamin dan protein dalam daging dan telor ayam kampung sangat tinggi. Sehingga lebih menyehatkan badan insan dan selalu dicari orang. Sehingga harga telur ayam kampung mahal ketimbang harga telor ayam biasa.
 Mungkin anda sudah tidak absurd lagi mendengar ayam kampung Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Ayam Kampung

Masyarakat desa menjadikan usaha beternak ayam kampung umumnya sebagai perjuangan sampingan. Mereka beternak ayam kampung di samping rumah secara kecil kecilan. Pemeliharaan ayam bukan intensif tapi dibiarkan lepas di alam mencari kuliner sendiri. Sehingga tak terlalu memakan biaya pakan ternak ayam. Adapun pekerjaan pokok mereka ada yang sebagai pedagang, petani, gurun honorer dan pns, karyawan swasta, pensiunan dan lain sebagainya.

Walaupun tidak melaksanakan ternak ayam kampung secara intensif. Tetap saja membutuhkan modal perjuangan berupa sangkar ayam dan pakan. Karena pada waktu menjelang malam hari maka ayam ayam masuk ke sangkar masing masing. Pada waktu pagi hari diberikan kuliner berupa sisa nasi dan makan manusia. Sehingga tak ada yang terbuang dari sisa kuliner manusia.

Ayam kampung hampir dimiliki setiap rumah tangga di kampung. Dibandingkan usaha ternak ayam bangkok, ayam petelur dan pedaging ras maka ternak ayam kampung lebih banyak dilakukan di pedesaan. Sehingga dinamakan ayam kampung atau berasal dari kampung. Namun demikian kelebihan ayam kampung juga banyak. Dari segi telur dan dagingnya yang mempunyai kandungan protein dan nutrisi sangat anggun untuk kesehatan badan manusia.

Kelebihan Usaha Beternak Ayam Kampung
Penulis melihat perjuangan ternak ayam kampung di desa ikut membantu perekonomian warga pedesaan. Disaat warga desa membutuhkan uang tunai dalam jumlah besar untuk keperluan tertentu maka ia sanggup menjual ayam kampungnya. Para bandar atau pengepul ayam setiap ketika siap membeli ayam kampung dengan harga mulai Rp 35 ribu sesuai ukuran ayam tersebut. Kemudian ayam kampung yang dibeli tersebut dijual di pasar tradisional dengan harga lebih tinggi dari harga beli ayam.

Kelebihan ayam kampung dibanding ayam ras petelur dan pedaging disamping telur dan daging yang dihasilkannya yaitu ia cepat mengikuti keadaan dengan lingkungan tempat tinggal. Selain itu pemeliharaan dan perawatan ayam kampung sangat gampang. Inilah yang menciptakan kebanyakan warga pedesaan menentukan perjuangan ternak ayam kampung secara tradisional dan rumahan.

Penulis melihat perjuangan beternak ayam kampung secara intensif atau massal yang modern masih sangat jarang dilakukan oleh orang di banyak sekali kawasan di tanah air. Bahkan banyak yang belum ada sama sekali perjuangan beternak ayam kampung secara intensif di suatu daerah. Padahal pangsa pasar sangat besar. Cara pemasaran dan penjualan ternak ayam kampung sangat mudah. Hal inilah yang menciptakan peluang bisnis ternak ayam kampung di kota dan desa sangat menjanjikan.

Pangsa pasar bisnis ternak ayam kampung sangat besar. Banyak orang yang menyukai daging ayam kampung disebabkan mempunyai rasa yang lebih yummy dari jenis ayam lainnya. Daging ayam kampung mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi untuk membantu menyehatkan badan manusia. Selain itu, daging ayam kampung tak lembek, tapi padat berisi dan kenyal serta tak berlemak. Inilah yang menciptakan daging ayam kampung selalu dicari penggemarnya yang sangat banyak di Indonesia. Berbagai restoran menyajikan menu kuliner ayam goreng kampung, sop ayam kampung dll. Karena mempunyai rasa yang lebih yummy dan tak simpel hancur dalam pengolahannya.

Saat ini undangan daging dan telur ayam kampung terus meningkat tajam seiring bertambah banyak jumlah penduduk Indonesia. Apalagi menjelang hari raya lebaran idul fithri serta puasa, undangan daging ayam kampung melonjak tajam. Peternak ayam kampung laku manis dengan laba yang sangat menggiurkan. Hal ini menciptakan sebagian kecil orang yang jeli melihat peluang perjuangan membuka perjuangan beternak ayam kampung secara intensif dan semi intensif.

Baca juga � 17 Usaha Tanpa Modal Besar, Hasil Besar, Menguntungkan

Cara Beternak Ayam Kampung
Jenis ayam kampung banyak ragam menyerupai ayam peluang, ayam arab, ayam samba dan varietas turunan lainnya. Ayam kampung tersebut diternakkan secara intensif, semi intensif, modern dan umbaran. Berikut ini banyak sekali cara dan sistem beternak ayam kampung, antara lain:

? Sistem tradisional
Cara ini sering dipakai penduduk desa dalam ternak ayam kampung. Dimana ayam kampung dibiarkan mencari kuliner sendiri di alam. Disebut pula teknik umbaran atau ternak ayam kampung skala kecil kecilan. Usaha ternak ayam kampung sistem ini sangat memungkinkan dijalankan di pedesaan dengan lahan alami yang sangat luas. Selain itu, masyarakat desa menjalankannya sebagai perjuangan sampingan. Pemberian pakan tak dilakukan setiap hari. Kalau ada sisa kuliner barulah diberikan. Biaya pakan nyaris nol.

? Semi Intensif
Sebuah cara beternak ayam kampung skala perjuangan menengah. Modal perjuangan yang dibutuhkan tidaklah besar dan juga tidak kecil.

? Intensif
Namun cara ternak ayam kampung tidak cocok dijalankan secara intensif. Hal ini disebabkan beberapa faktor yaitu ayam kampung biasa hidup bebas di alam dan biaya pakan yang cukup mahal kalau menjalankan ternak ayam kampung secara intensif. Karena masa panen ayam kampung lebih panjang ketimbang jenis ayam ras pedaging.

Itulah ketiga cara beternak ayam kampung yang perlu sobat ketahui. Masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

Hambatan Bisnis Beternak Ayam Kampung
Sama menyerupai usaha ternak ayam ras pedaging, ayam ras petelur, ayam bangkok, ayam kate, ayam pelung dan broiler, hambatan bisnis budidaya ayam kampung seringkali terletak pada adanya penyakit yang seringkali menyerang ayam. Misalkan penyakit tetelo, flu burung, demam, dan lain sebagainya. Karena hal tersebut mengancam kelangsungan bisnis ternak ayam kampung baik di pedesaan maupun perkotaan.

Kita lihat beberapa tahun kebelakang merebak penyakit flu burung yang menimbulkan ribuan ayam kampung mati. Hal itu menciptakan banyak perjuangan peternakan ayam kampung rugi puluhan juta rupiah dan gulung tikar. Sehingga terpaksa menutup usahanya sementara waktu. Dan ketika wabah flu burung sudah terhenti maka perjuangan beternak ayam kampung kembali menggeliat dan menjanjikan.

Selain bahaya penyakit yang sanggup menyerang ayam kampung, hambatan lain dari perjuangan beternak ayam kampung yaitu adanya info yang beredar di masyarakat mengenai adanya ayam mati kemarin atau ayam tiren yang diperjualbelikan di pasaran. Hal tersebut tentu akan menciptakan ayam kampung kurang diminati banyak orang. Yang berakibat pada penurunan omset usaha.

Kendala lain yang sanggup meruntuhkan bisnis ternak ayam kampung yaitu beredar luasnya kabar negatif mengenai adanya ayam kampung yang berada di pasaran telah diberikan formalin sebagai pengawet. Hal itu tentu saja menciptakan masyarakat kurang berminat untuk mengkonsumsi ayam kampung.

Untuk mengatasi hambatan dalam beternak ayam kampung di atas yaitu anda mesti memastikan kondisi ayam dalam keadaan sehat selalu. Seperti rutin memperlihatkan vaksinasi atau vitamin. Selain itu, seorang peternak ayam sanggup memasang spanduk yang bertuliskan menjual ayam kampung secara halal tanpa formalin dan segar.

Cara Memasarkan Ayam Kampung
Untuk pemasaran perjuangan ternak ayam kampung menyerupai cara pemasaran usaha ternak ayam broiler dapat dilakukan dengan mudah. Berikut ini cara-cara dalam memasarkan ayam kampung yang perlu sobat pahami, antara lain:

? Promosi Mulut ke Mulut
Cara ini masih efektif untuk memasarkan perjuangan ternak ayam kampung sobat. Anda sanggup memulai melaksanakan promosi perjuangan ayam kampung kepada lingkungan terdekat. Misalkan anggota keluarga, sanak kerabat, tetangga, rekan kerja, teman, sahabat, dan lain sebagainya. Mintalah mereka untuk mempromosikan bisnis ternak ayam kampung sobat kepada lingkungan terdekat mereka.

? Kerjasama dengan Berbagai Pihak
Selain melaksanakan promosi ternak ayam kampung dari verbal ke mulut, anda pun sanggup berafiliasi dengan peternak ayam kampung lain, bekerja sama dengan dinas peternakan setempat, bekerja sama dengan penjual ayam kampung di pasar tradisional, para pengepul ayam kampung di desa dan lain sebagainya.

? Iklan Offline dan Online
Anda pun sanggup melaksanakan promosi perjuangan ternak ayam kampung sobat melalui media cetak lokal kawasan dan nasional. Selain itu, untuk memperluas pangsa pasar, anda sanggup beriklan di media online dan media sosial. Cara ini terbukti ampuh untuk menjaring banyak konsumen secara simpel dan menguntungkan tanpa modal.

Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Ayam Kampung
Lalu yang jadi pertanyaan bagi banyak orang yaitu berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka perjuangan budidaya ayam kampung? Berikut ini rincian biaya modal perjuangan ternak ayam kampung dari awal hingga buka, antara lain:

? Kandang Ayam Kampung
Kandang perjuangan ternak ayam kampung pastikan berada di tempat strategis yang jauh dari permukiman masyarakat. Hal ini bertujuan supaya tidak mengganggu masyarakat sekitar dengan polusi atau pencemaran udara yang ditimbulkannya. Kemudian pastikan kandang ayam selalu dalam kondisi higienis supaya ayam kampung sanggup tumbuh sehat dan berkembang baik serta terhindar dari banyak sekali penyakit ayam yang mematikan.

Ukuran sangkar ayam kampung untuk 500 ekor bibit ayam sekitar 100 meter persegi. Lahan untuk pembuatan sangkar ayam sanggup di atas tanah milik sendiri atau menyewa dengan masa pertahun. Biaya pembuatan sangkar ayam kampung seluas 100 meter persegi plus biaya sewa lahan sekitar Rp 2 juta.

? Bibit Ayam
Pilihlah bibit ayam kampung pedaging yang sehat. Untuk memulai perjuangan ternak ayam kampung bagi pemula sanggup dengan 500 bibit ayam kampung. Harga bibit ayam kampung sebesar Rp 6000 perekor. Kaprikornus modal perjuangan untuk membeli bibit ayam kampung sebanyak 500 ekor sebesar Rp 3 juta (500 x  Rp 6000).

? Biaya Pakan
Biaya untuk pakan ayam kampung sebesar Rp 5 juta

? Obat dan Vitamin
Biaya untuk membeli obat dan vitamin bagi ayam kampung sebesar Rp 200 ribu

? Alat dan Perlengkapan Usaha
Untuk peralatan dan perlengkapan perjuangan beternak ayam kampung meliputi:

1. Peralatan dan perlengkapan minum dan makan ayam kampung sekitar Rp 600 ribu

2. Pemanas atau penghangat bagi ayam kampung harga sekitar Rp 800 ribu

3. Terpal bagi peternakan ayam kampung harga sebesar Rp 400 ribu

4. Biaya lain-lain
Untuk biaya lain-lain yang tak terduga diperkirakan sebesar Rp 1 juta.

Maka total biaya operasional perjuangan beternak ayam kampung sebesar Rp 11 juta.

Keuntungan Usaha Ternak Ayam Kampung
Apabila dalam dua bulan atau 60 hari ayam kampung sudah sanggup panen dengan jumlah resiko simpulan hayat sebanyak 100 ekor maka ayam kampung yang sanggup dipanen sebanyak 400 ekor ayam kampung. Harga ayam kampung sebesar Rp 50 ribu perekor. Maka laba kotor ternak ayam kampung sebesar Rp 20 juta (Rp 50.000 x 400). Dikurangi biaya operasional perjuangan maka omset higienis yang diperoleh sekitar Rp 9 juta dalam jangka waktu dua bulan. Bagaimana anda tertarik membuka perjuangan ternak ayam kampung yang sangat menjanjikan dan menguntungkan ini?

Sumber SAKRAM

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rincian Biaya Modal Perjuangan Ternak Ayam Kampung"

Posting Komentar