jasa buat situs web blog murah

Rincian Biaya Modal Perjuangan Ternak Ayam Bangkok

Ada banyak sekali macam peluang bisnis yang sangat menguntungkan dalam bidang ternak ayam. Salah satunya usaha ternak ayam bangkok. Prospek bisnis peternakan ayam bangkok sangat cerah dan prospektif. Usaha beternak ayam bangkok seringkali kita jumpai di banyak sekali pelosok desa secara rumahan dan tradisional serta kecil-kecilan. Walaupun dijalankan secara sampingan dengan modal kecil laba yang diperoleh tidak mengecewakan besar. Dalam satu bulan seorang peternak ayam bangkok bisa meraup untung hingga puluhan juta rupiah.

Kelebihan Bisnis Beternak Ayam Bangkok
? Praktis Pemeliharaan
Beternak ayam bangkok lebih simpel pemeliharaan dan perawatannya ketimbang usaha ternak ayam pedaging ras broiler atau ayam petelur. Bisnis ternak ayam bangkok sanggup menghasilkan untung perbulan dalam jumlah besar secara rutin dari penjualan ayam bangkok dan anakan. Bagaimana anda tertarik untuk membuka perjuangan ternak ayam bangkok?

? Modal Kecil Untung Besar
Usaha beternak ayam bangkok bisa dimulai dengan modal kecil dan cepat balik modal. Misalkan satu pasang indukan. Setelah betelur akan menghasilkan beberapa ekor anakan ayam. Pada umumnya indukan ayam bangkok bisa menghasilkan sepuluh telor lebih. Apabila satu anakan ayam bangkok dijual seharga Rp 200 ribu maka laba higienis sekitar Rp 2 juta (Rp 200.000 x 10 ekor anak ayam bangkok). Bagaimana laba yang tidak mengecewakan bukan?
 Ada banyak sekali macam peluang bisnis yang sangat menguntungkan dalam bidang ternak ayam Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Ayam Bangkok

? Pasar Luas
Pangsa pasar ayam bangkok super sangat luas terutama bagi pecinta atau hobi terhadap ayam bangkok. Kalau hasil ternak ayam bangkok super tidak sesuai yang diharapkan maka bisa dijual ke pasar sebagai ayam potong.

? Pakan Ayam Mudah
Pakan ayam bangkok sangat simpel didapatkan. Anda bisa membelinya di toko pakan terdekat.

Kelemahan Usaha Ternak Ayam Bangkok
Disamping kelebihan ternyata bisnis budidaya ayam bangkok super mempunyai beberapa kekurangan dan kelemahan, antara lain:

1. Ayam bangkok simpel terjangkit penyakit
2. Rawan terjadi pencurian
3. Hasil ternak ayam bangkok kurang disukai pasar
4. Hasil ternak ayam bangkok banyak berjenis betina

Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Ayam Bangkok
Hal pertama yang sering ditanyakan orang yang berminat memulai perjuangan beternak ayam bangkok yakni berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis peternakan ayam bangkok dari awal hingga siap buka. Untuk lebih terang berikut ini rincian biaya modal perjuangan ternak ayam bangkok, antara lain:

? Biaya Investasi

1. Kandang Ternak Ayam Bangkok
Untuk memulai perjuangan beternak ayam bangkok, langkah pertama yang harus dilakukan yakni mempersiapkan sangkar ayam bangkok. Besaran sangkar sesuai dengan jumlah ayam bangkok yang hendak anda ternakkan. Untuk menciptakan sangkar ayam sangat mudah. Anda bisa membikin sangkar ternak ayam bangkok dari bambu atau dari sisa-sisa kayu bekas.

Sebagai daerah sangkar ayam bangkok tidak membutuhkan lahan yang luas. Dengan lahan sempit kita bisa menciptakan sangkar ayam bangkok secara rumahan. Misalkan bisa memakai pekarangan halaman rumah atau lahan kebun yang kosong sebagai daerah dibangun sangkar ternak ayam bangkok dengan model memanjang atau bertingkat. Biaya pembuatan sangkar ternak ayam bangkok super sekitar Rp 1 juta.

2. Membeli Induk Betina 4 ekor @ Rp 400.000 = Rp 1.600.000

3. Membeli Indukan Jantan Rp 2 juta

Kaprikornus modal awal investasi yang dibutuhkan sebesar Rp 4.600.000

? Biaya Produksi

1. Biaya pakan ayam bangkok selama tujuh bulan sebesar Rp 1,5 juta

2. Gaji karyawan Rp 1 juta

3. Obat-obatan dan vitamin harga Rp 100 ribu

4. Biaya lain-lain tak terduga Rp 500 ribu

Total estimasi biaya produksi perjuangan ternak ayam bangkok sebesar Rp 3.100.000,-

Keuntungan Usaha Ternak Ayam Bangkok
Apabila 1 ekor ayam bangkok betina bisa menghasilkan 6 ayam bangkok pejantan @ 400.000 maka laba yang didapatkan sebesar Rp 9.600.000 (4 induk ayam x 6 x Rp 400.000). Selain itu, ayam indukan menghasilkan 3 ayam bangkok betina @ Rp 200.000 maka laba yang diperoleh sebesar Rp 2.400.000 (4 indukan ayam x 3 x Rp 200.000).  Total omset laba kotor dari perjuangan ternak ayam bangkok sekitar Rp 12 juta. Laba higienis dari bisnis ternak ayam bangkok super selama tujuh bulan sebesar Rp 4.300.000 (Rp 12.000.000- Rp 7.700.000. Keuntungan itu belum termasuk dari penjualan anak ayam bangkok dan penjualan dari telur ayam bangkok serta penyusutan biaya investasi.

Cara Sukses Usaha Ternak Ayam Bangkok Super
Untuk memulai perjuangan peternakan ayam bangkok super susah-susah gampang. Berikut ini penulis paparkan sejumlah tips dan cara bisnis budidaya ayam bangkok super dan pedaging yang terbukti berhasil, antara lain:

? Memilih Bibit Unggul
Untuk menghasilkan anakan ayam bangkok yang unggul dibutuhkan bibit ayam bangkok yang unggul pula. Oleh alasannya yakni itu, pastikan anda memulai perjuangan beternak ayam bangkok dengan modal indukan ayam bangkok yang unggul dan bagus. Berikut ini ciri indukan ayam bangkok yang berkualitas baik dan unggul, antara lain:

1. Memiliki kaki yang baik dan bagus, tanpa cacat

2. Mempunyai mata yang bening, tidak lembap dan tidak kotor

3. Badan tumbuh besar dan normal, tidak terlalu kurus dan tak terlalu gemuk

4. Badan atletis, tegap

Ada banyak sekali jenis macam ayam bangkok menyerupai ayam bangkok super tipe black horse, ayam bangkok pedaging, ayam bangkok indramayu dan ayam bangkok biasa. Anda bebas menentukan jenis perjuangan ternak ayam bangkok sesuai selera dan keinginan.  Untuk ayam bangkok super sekali harganya lebih mahal ketimbang harga ayam bangkok biasa.

? Mengawinkan Ayam Bangkok
Selanjutnya, sobat mesti mengawinkan indukan betina ayam bangkok dengan ayam bangkok jantan. Cara mengawinkan ayam bangkok bisa secara alami. Sehingga menghasilkan belum dewasa ayam bangkok super. Tak berlangsung lama, ayam bangkok akan menghasilkan telor dalam jumlah banyak. Kebanyakan lima hingga sepuluh butir telur. Kemudian secara alami telur itu dierami oleh sang induk ayam bangkok hingga menetas. Jika anda ingin lebih cepat dalam menetaskan telur sanggup memakai mesin tetas yang dijual di pasaran dengan harga murah dan terjangkau.

? Pakan Ternak Ayam Bangkok
Pemberian pakan ayam merupakan hal yang penting lainnya dalam kesuksesan perjuangan beternak ayam bangkok. Berilah pakan pada ayam bangkok secara teratur. Misalkan satu hari diberikan pakan ayam sebanyak tiga kali yaitu di pagi hari, siang dan sore hari. Pemberian pakan dan perawatan ayam bangkok yang sempurna merupakan kunci keberhasilan bisnis ini.

? Pemberian Vitamin
Sementara itu, agar ayam bangkok tumbuh dan berkembang biak secara baik dan sehat dibutuhkan adanya suplemen suplai vitamin. Ada banyak sekali macam vitamin bagi ayam bangkok pedaging dan super, anda bisa mendapatkannya di toko pakan ayam terdekat.

? Jadikan Hobi
Setelah anda tetapkan untuk memulai perjuangan budidaya ayam bangkok super dan melaksanakan hal-hal di atas pastikan bahwa anda menjalani perjuangan beternak ayam bangkok secara hobi dan menyenangkan. Sehingga beban pekerjaan menjadi ringan. Ketika perjuangan ternak ayam bangkok merugi, anda tidak merasa rugi dan menyerah. Justeru menciptakan anda semakin cendekia dan hebat dalam merawat dan menjalankan perjuangan budidaya ayam bangkok. Pendek kata, lebih simpel menghasilkan uang melalui hobi. Maka jadikanlah acara ternak ayam bangkok menjadi hobi yang menyenangkan. Usaha ternak ayam bangkok lebih cocok bagi orang yang hobi atau pecinta ayam bangkok super.

? Penanggulangan Penyakit
Namanya juga ayam. Sesuatu hal bisa saja terjadi. Misalnya ayam terkena penyakit. Bentuk penyakit ayam berbeda-beda dari kelumpuhan hingga ayam demam panas, murung, meriang dan flu. Oleh alasannya yakni itu, kalau ayam bangkok super mengalami tanda-tanda penyakit menyerupai itu harus segera diatasi dengan memperlihatkan obat atau vaksinasi ayam hingga ayam bangkok sehat dan pulih kembali.

Inilah nama penyakit yang bisa diderita ayam bangkok, antara lain:

1. Tetelo. Jika menderita penyakit tetelo, ayam bangkok harus segera diberi obat herba

2. Flu burung. Apabila ayam sedang sakit flu burung, hal itu bisa membahayakan jiwa insan juga maka berhati-hatilah. Cara mengatasi ayam yang menderita flu burung dengan diberikan obat herba anti flu atau vaksinasi flu burung

3. Bakteri. Cara menyembuhkan ayam bangkok yang menderita sakit lantaran kuman yakni dengan memperlihatkan obat antibiotika.

Anda harus berguru mengatasi banyak sekali penyakit pada ayam bangkok hingga berhasil. Hal ini mempunyai kegunaan agar perjuangan ternak ayam bangkok super sobat bisa berjalan lancar dan untung. Sebab kebanyakan bisnis budidaya ayam bangkok di Indonesia mengalami kebangkrutan dan kerugian disebabkan banyak ayam bangkok mengalami maut tanggapan penyakit yang tak bisa ditanggulangi. Seperti dalam beberapa tahun kebelakang munculnya fenomena flu burung. Yang menimbulkan banyak pengusaha ayam bangkok gulung tikar.

? Pemasaran Ayam Bangkok
Masalah pemasaran merupakan salah satu faktor yang penting dalam perjuangan peternakan ayam bangkok yang bagus. Setelah bisa memproduksi beberapa ayam bangkok super, langkah selanjutnya yakni bagaimana menjual atau memasarkannya. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh dalam menjual ayam bangkok super, biasa dan black horse antara lain:

1. Penjualan dari verbal ke mulut

2. Menawarkan ayam ke lingkungan terdekat. Misalnya rekan kerja, sahabat, teman, anggota keluarga, kenalan, tetangga, dll

3. Menjual ayam bangkok secara online memakai blog, facebook, twiiter, google plus, bbm, dan lain sebagainya.

Sumber SAKRAM

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rincian Biaya Modal Perjuangan Ternak Ayam Bangkok"

Posting Komentar